July 12, 2008

tour de jogja (part 3)

kayaknya post yg ini bakal puanjang buanget since gw bakal gabung hari ke 3 sama 4 disini. mudah2an bacanya ga cape. hehe.. happy reading!

Dolan Jogja Day 3

karena baru tidur di pagi2 buta, otomatis paginya ga sukses bangun kayak hari sebelumnya, lagipula kita juga udah menyadari kebodohan kita bangun kepagian kemarennya. jadi pagi ini kita jam stnga 7 baru bangun, itupun setelah nge-snooze alarm berkali2. Hari ini adalah hari terakhir kita di jogja, karena abis ini perjalanan kita menuju semarang, jadi otomatis udah harus packing barang2. untungnya sih malemnya udah beres2 jadi pagi2 itu tinggal masukin baju kotor dan kroni2nya.

perjalanan pertama kita di pagi hari ini adalah menuju tempat beli oleh2 makanan khas jogja. disini juga ga bisa lama2 karena ngejar waktu, jadi lagi2 belanja express dan banyak yg pengen dibeli tapi kelupaan. setelah itu menuju Kota Gede tempat kerajinan perak. udah rada bokek jadinya ga belanja2 deh.

tujuan berikutnya adalah museum Ullen Sentalu di kaliurang. gila. cinta bgt gw sama tempat ini. letaknya di daerah pegunungan, agak terpencil, udaranya seger dan enak bgt, dan yang lebih kerennya lagi, museumnya ada yang di dalam tanah. kl ada kesempatan gw pengen banget bisa kesini lagi. anyways, museum ini adalah museum kebudayaan jawa, khususnya keraton jogja. museumnya sendiri sih agak2 kripi, apalagi kl malem kali ya.. banyak lukisan ama foto2 sultan keraton jogja dan fam. ada lukisan, kl ga salah istri sultan, yang dari arah manapun lo liat, dia seolah2 lagi ngeliatin lo. hiiy. satu lagi lukisan yang kripi itu adalah lukisan dari tarian.. uhm.. uhm... tarian apa namanya gw lupa, pokoknya tarian sakral di keraton jogja. lukisannya ada 9 ++ penari. kenapa plus plus? karena.. akan ada 1 penari tambahan yang muncul pas tarian ini dimainkan.. yaitu Ratu Kidul. dan gw baru tau kl Ratu Kidul dan Nyi Roro kidul itu bukanlah orang yang sama.. konon kabarnya, 9 penari ini harus masi perawan, ga boleh lagi dapet, dan harus puasa dulu sebelum nari, kl nggak.. bisa ketiban sial dia. nasip oh nasip. oh ya, ternyata nama panggilan sultan jogja itu gaul2 bo.. ada yang namanya hengky, ada satu lagi namanya bobby. hoohoho.. selesai keliling2 disini, kita dikasi minuman yang katanya bikin awet muda. konon kata tmen gw, itu minuman jahe. makanya gw ga jadi minum karena gw ga suka jahe ^^. setelah itu kita menyempatkan diri untuk foto2 di luar, karena di dalem museumnya dilarang foto2. sempet pula main2 ke souvenir shop disini. duh barangnya lucu2 bikin mupeng.. oni borong dengan napsu disini. hahhaha..

our next destination is Candi Ratu Boko. rencananya sih disini mau liat sunset. katanya kl dr sini sunsetnya keliatan keren abis. okeh. sampe disana, tiba2 HIV menghadang. duh! akhirnya ke wc dulu.. tapi yaampunalamakjangtralaladomdom.. dari luar pun bisa tercium hawa hawa ga enak. parah abis baunya.. semaput! akhirnya gw memutuskan untuk batal ke wc, dan nyusul tmen2 gw yg uda naek duluan. tp lagi lagi yaampunalamakjangtralaladomdom.. tangganya banyak bgt!!! astaga! ditengah jalan betis gw rasanya kayak ketarik2. sakit setenga idup. dan guess what? begitu gw sampe di atas, matahari udah terbenam. cih!! karena udah kepalang naik, ya foto2 tetep jalaan. tp jadinya ga gitu puas karena uda gelap. hiks.. hiks..

okeh setelah perjuangan kembali turun dengan bantuan senter hp, kita melanjutkan perjalanan ke Candi Prambanan. kita maw nonton sendratari ramayana. giling keren abis! penarinya banyak bgt, gerakannya mejikal.. ada yg pake gaya gunyu style! ehehhe.. tak lupa, yang jadi adipatinya ganteng.. hohohohohoho.. pas lagi break, gw ama sapi keluar cari wc, dan karena wcnya ngantri akhirnya kita nyelip di wc vip :P trus.. begitu keluar disuguhi pemandangan bule ganteng sama pampam n fenny. nyahaha...oh bule di prambanan yang pake kemeja putih garis2.. (okeh, gw inget bajunya, tp gw lupa mukanya!). karena sibuk mencari2 bibit unggul, akhirnya gw ketinggalan sedikit bagian keduanya. pas gw maw ke tempat duduk gw, tiba2 pampam bilang "ce.. coba liat ke kiri lo.." gw kira bule ganteng yg tadi.. tau2nya pas gw nengok... JENG JEEENG!! si rahwana lagi nangkring disitu nunggu giliran nongol. asli gw kaget bgt. harusnya gw ajak foto tuh ya! nyesel deh..

gw ikutan nari jadi Shinta.. hohohoho

abis dr prambanan, sekitar jam 10an, tujuan terakhir kita hari ini adalah Semarang, dan malem terakhir perjalanan ini bakal dihabiskan di semarang. perjalanan yang panjang ini gw gunakan untuk tidur.. sampe di semarang sekitar jam 1 pagi, dan lgs bagi2 kamar. kebetulan kamarnya ada di lante 2. giling.. koper gw beratnya setenga idup, dan kl disuruh gotong sendiri naek tangga ke lante 2, gw pasti ga kuat. lagian gw udah cape. untung kita dibantu org2 hotelnya.
begitu masuk kamar... OOOOHHHHH... ini baru hotel! ga bisa dibilang bagus2 bgt sih, tp lumayan. kamarnya lebih gede dr yg di jogja.. dan ada kulkasnya! (yang kemudian gw ketahui kl kulkasnya sama sekali ga dingin. cih. useless). kemudian kita melirik kamar mandinya.. OOOOHHH... ada bathtub! gila. berendem aer panas is a brilliant idea. secara pas di jogja, kamar mandinya cuma ada toilet, ember gede, dan shower yang nyetrum. jadi liat bathtub disini sungguh bahagia. tp ternyata.. aer panasnya ga jalan. jaah!!! percuma tu bathtub! bahkan shower nyetrum di jogja ada aer panasnya.. hiks hiks hiks..
dan lagi2 setelah mandi kita seger dan ga bisa tidur. akhirnya kita ber4 memutuskan untuk jalan2 cari makan.. lalu kita dengan kaos dan celana tidur dengan pedenya jalan keluar hotel. tp yaelah, saking pulesnya kita tidur di perjalanan, kita ga tau kl di depan hotel itu jalan raya gede. dan ga ada tukang jualan makanan. huhuhu.. akhirnya karena uda terlanjur turun, kita memutuskan untuk jalan keliling hotel aja. tp beberapa menit kemudian.. kita menyadari kl kita malah lagi menuju tempat parkir.. sungguh jalan2 yg percuma dan ga berbobot! akhirnya ya kita naik lagi, ke tempat makan hotel. pesen makanan disitu. jam 3 pagi tuh. ahhahaa. dan oh well, setelah makan bukannya kita ngantuk, tp makin seger. akhirnya main kartu dulu sampe jam stnga 5 kl ga salah. br abis itu tidur.

Dolan Jogja Semarang Day 4

bangun kl ga slah jam setngah 7 pagi, langsung cuci-muka-sikatgigi-dempulmuka-semprot parfum-beresin barang-gotongbarangkebis-makanpagi- dan kemudian dimulailah perjalanan di hari terakhir dolan dolan kita.

tujuan pertama hari ini adalah membeli oleh2 khas semarang di bandeng juwawa. eh.. juwana.. gw udah ga napsu belanja lagi jadinya disini cuma duduk2 dan menggosip. nyahahaha.. setelah itu perjalanan berlanjut ke Kuil Sam Pok Kong. ajigile disini puanasnya pol! dan karena gw dan kawan2 gw tercinta ga berminat untuk ngambil ramalan, akhirnya kita menghabiskan waktu dengan berfoto2 gila sajah.

the kungfu animals: sok niru kungfu panda tapi gagal

oom jendral.. aku mau dibawa kemana oom?

setelah ditarik2 sama kakak2 dosen karena kita ga berenti2 narsis, akhirnya perjalanan kita berlanjut lagi ke Pekalongan. ngeliat pembuatan batik tulis. mejik abis. ngeliat cetakannya gw mikir gimana cara bikinnya, apakah direndem dengan asam nitrit? hoohohoh.. setelah dari sini, kita liat workshop pembuatan serat nanas. bikinnya bner2 butuh kesabaran dan ketelitian ekstra. disini juga dijual barang2 lain yg lucu2. harganya juga ga mahal. tp gw udah bingung bawanya gimana, jadi ujung2nya cm beli syal putih..yang gw juga bingung maw gw pake buat apaan. beberapa orang belanja kayak kesurupan, banyak abis, kayaknya buat stock setaon. ahahha. dan inilah tempat terakhir kita, setelah ini perjalanan berakhir, dan saatnya untuk kembali ke jakarta..

perjalanan yang sungguh panjang dan melelahkan, karena seharian duduk di bis.. tapi yang cukup menguntungkan gw dan sindi adalah. anak2 2007 yang duduk di kursi belakang gw memtuskan untuk hijrah ke barisan paling belakang selama setengah perjalanan, jadi gw bisa mundurin kursi dan tidur dengan nyaman. lengkap dengan bantal dan sarung.. hahaha.. singkat cerita, sekitar jam 8 malem kita sampe di Cirebon, restoran Pring Sewu buat makan malem. abis itu jalan lagi menuju jakarta. jalanan macet, jadi perjalanan makin lama. perkiraan yang harusnya jam 10 malem sampe jakarta, itu udah tinggal ngarep aja, karena pada kenyataannya jam 10 malem kita masi stuck di jalan, in the middle of nowhere, karena sepanjang perjalanan gw ga liat papan penujuk. semakin malem semakin ga ada kerjaan, akhirnya malah main game2 ga jelas, trus makin malem malah cerita horor.. hwhwhw.. singkat cerita lagi, akhirnya jam setengah 3 pagi kita sampe juga di kampus kijang.. and this is the end of our dolan dolan days..

yang mejik... ternyata.. kl jam stenga 3 pagi, dari binus ke rumah gw cuma makan waktu 5 menit! biasanya paling nggak 20 menit ga pake macet, kl pake bonus macet bisa 1 jam.. hohohoho..

well. that's it. thx for reading...

happy holidays everyone!

pandaliar said...

"oom jendral.. aku mau dibawa kemana oom?"

---

"maw saya bawa ke kebun binatang yang ada kubangannya. disitu kawanan kamu sudah menunggu. sabar ya dek"

ace the great said...

oom.. kalo gitu.. temenku yang liar ini dibawa kemana dong? kita ceburin ke jurang aja yah oom...

pandaliar said...

jendral: "jangan jadi anak jahat gitu dek.. nanti kamu yang saya ceburin ke jurang.. sebelum kamu jadi JOKER!"